Smart Financial – Generasi Pandai Mengelola Keuangan : Kuliah Tamu FE UNISKA Kediri dan PT Pegadaian Kediri

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri, menyelenggarakan kuliah tamu bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi, Prodi Manajemen. Bertempat di Aula Gedung-E UNISKA Kediri, hari Kamis (26/10), kuliah tamu ini diikuti oleh 150 mahasiswa. Pembicara utama Agung Budiyanto, SE., MM. Pemimpin Cabang PT Pegadaian Kediri, dalam kesempatan itu memaparkan profil pegadaian secara umum. 

Diutarakannya, Perum Pegadaian merupakan suatu lembaga yang turut meningkatkan perekonomian dengan cara memberikan uang pinjaman berdasarkan hukum gadai kepada masyarakat kecil, agar terhindar dari praktik pinjaman uang dengan bunga yang tidak wajar. PT Pegadaian ikut membantu program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah ke bawah melalui kegiatan utama berupa penyaluran kredit gadai dan melakukan usaha lain yang menguntungkan. Bertolak dari misi tersebut dapat dikatakan bahwa sebenarnya Pegadaian merupakan sebuah lembaga di bidang keuangan yang mempunyai visi dan misi bagaimana masyarakat mendapat perlakuan dan kesempatan yang adil dalam perekonomian.

Selain itu, beliau juga memaparkan  berbagai kiat-kiat pintar yang bisa dilakukan oleh kawula muda dalam mengelola keuangan. Salah satu poin penting dalam mengelola keuangan  adalah pentingnya berinvestasi sejak dini. Menurutnya, investasi sejak dini merupakan salah satu kunci penting penentu kesuksesan di masa depan. Tak hanya menyampaikan pentingnya berinvestasi, Bapak Adi juga memaparkan beberapa pilihan jenis investasi yang dapat dipertimbangkan oleh kawula muda. “Setiap jenis investasi memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Yang harus digarisbawahi adalah berinvestasi memegang prinsip high return high risk,” 

Dari sekian banyak jenis investasi, beliau mengungkapkan bahwa investasi emaslah yang paling aman dan cocok untuk kawula muda. Hal ini dikarenakan dibanding jenis investasi lainnya, investasi emas memiliki tingkat likuiditas yang tinggi, return yang cukup menjanjikan, namun tingkat risiko yang rendah. Kuliah umum ini juga memaparkan betapa pentingnya perencanaan keuangan, karena dengan ini kita bisa memahami baik antara kebutuhan dan keinginan.

“Jika ingin masa tuamu bahagia, maka berinvestasilah di saham sejak usia dini,” ujar Agung Budiyanto, SE., MM.