Kuliah Tamu FE UNISKA Kediri Bersama BPS Kabupaten Kediri : Peran Statistik dalam Survei Ekonomi

Kediri, 25 Oktober 2023. Fakultas Ekonomi UNISKA Kediri mengadakan kuliah umum bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kediri. Menghadirkan Hasan As’ari, S.Si., ME, Kepala BPS Kabupaten Kediri sebagai pemateri dengan mengusung topik “Peran Data Statistik dalam Survei Ekonomo, pada hari Rabu, 25 Oktober 2023. 

Hasan As’ari membahas perkembangan data sosial ekonomi. Menurutnya, data itu mahal dan membangun tanpa data justru lebih mahal. Bahkan, Presiden Jokowi mengatakan bahwa data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita, kini data lebih berharga dari minyak. Sarpono mengatakan, “Data punya peran penting sebagai bahan perencanaan, pemantauan dan evaluasi, serta pengambilan kebijakan. Selain itu, data dan informasi dapat menjadi pendukung penelitian di bidang ekonomi.”

Pada kesempatan ini, Hasa As’ari turut mensosialisasikan aplikasi bernama KELUD Stat (Kediri Lewat Untaian Data Statistik) yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini memberikan akses ke berbagai data statistik terkait Kabupaten Kediri. Selain itu, BPS Kabupaten Kediri juga menerbitkan publikasi tahunan yang disebut “Kabupaten Kediri Dalam Angka”. Publikasi ini berisi informasi dan data statistik terkait Kabupaten Kediri secara berkala.