Fakultas Ekonomi UNISKA Kediri Adakan Kuliah Tamu “Reformasi Perpajakan dan Pemadanan NIK Menjadi NPWP Direktorat Jendral Pajak Jawa Timur

Kediri, 23 Oktober 2023. Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur  bersama Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri-Kediri melaksanakan kuliah tamu dengan topik ” Reformasi Pajak dan Pemadanan NIK menjadi NPWP”  di gedung aula Universitas Islam Kadiri. yang dihadiri oleh Dr. Sri Luayyi, SE., MSA, Dekan Fakultas Ekonomi, UNISKA Kediri , Trisnia Widuri, SE., MM., selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UNISKA Kediri beserta para pimpinan UNISKA Kediri, Dosen, dan Mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi.

Dalam penyampaian materinya,  perwakilan Kanwil Direktorat Jendral Pajak Jawa Timur  yaitu Siti Rahayu  mengatakan pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat sampai saat ini pajak menambah pendapatan Negara, oleh karena itu kita sebagai mahasiswa sebagai generasi penerus harus lebih sadar akan kewajiban pajak sebab sejatinya pajak merupakan bentuk partisipasi warga Negara untuk pembangunan, di era sekarang kita dapat berjuang membayar pajak demi Indonesia lebih baik.

Selain itu, dalam sesi kuliah tamu ini beliau turut mensosialisasikan Pemadanan NPWP Menggunakan NIK – PMK 112/PMK.03/2022. Beliau mengungkapkan tujuan dari kebijakan NIK menggantikan NPWP ini di antaranya adalah guna memberikan kesetaraan serta mewujudkan administrasi perpajakan yang efektif dan efisien. “Latar belakangnya tentu untuk mendukung kebijaka  single identity number (satu data Indonesia),” ujanya. Ia lantas menjabarkan agar masyarakat bisa memperbaharui data NPWP dari NIK mulai dari sekarang sebelum 1 Januari 2024. Caranya cukup mudah dengan cara online masuk ke dalam platform situs www.djponline.pajak.go.id.

Kegiatan kuliah tamu hari ini, merupakan bagian dari kegiatan Parade Kuliah Tamu Fakultas Ekonomi UNISKA Kediri, yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-27 Oktober 2023. Hadir membuka  Kuliah Tamu hari ini adalah Dekan Fakultas Ekonomi UNISKA Kediri, Dr. Sri Luayyi dengan dipandu moderator dari Dosen Fakultas Ekonomi UNISKA Kediri, Dr. Marhaendra Kusuma, SE., MM., M.Ak. Ak., CAAT.