RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN (RTM) & RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)

Tinjauan Manajemen adalah proses peninjauan, evaluasi serta penilaian oleh manajemen pada selang waktu terencana untuk memastikan kesesuaian, kecukupan serta kefektifan manajemen mutu berjalan secara konsisten. Rapat Tinjauan Manajemen dilaksanakan 1 kali dalam tiap semester atau di luar jadwal rencana, apabila ada hal-hal penting yang berkaitan dengan kebijakan mutu atau sasaran mutu yang memerlukan tindak lanjut.

Agenda Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) meliputi :
1. Hasil Audit Mutu Internal
2. Keluhan Pelanggan
3. Performansi proses dan kesesuaian produk
4. Status Tindakan Koreksi dan Tindakan Pencegahan
5. Tindaklanjut dari tinjauan manajemen sebelumnya
6. Perubahan yang berdampak pada sistem manajemen mutu
7. Rekomendasi untuk perbaikan (improvement)

Hasil/Output RTM meliputi:
1. Improvement terkait efektifitas SMM
2. Improvement terkait perbaikan persyaratan pelanggan
3. Sumber daya yang diperlukan

DOKUMEN
1. Formulir Daftar Hadir Rapat Tinjauan Manajemen
2. Notulen Rapat Tinjauan Manajemen
3. Rincian Tindak Lanjut Rapat Tinjauan Manajemen