Sejarah Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri lahir dan memulai aktivitas pendidikan bersamaan dengan berdirinya Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri sendiri, yaitu pada tahun 1983.

Sesuai dengan amanat UUD 1945, maka Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri ingin ikut serta mencerdaskan bangsa dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi dala, pembangunan dewasa ini. Dengan demikian Tujuan pelaksanaan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri, adalah untuk menghasilkan cerdik cendekia (Sarjana) Ekonomi yang ahli dibidangnya serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pada Tahun 1987 Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri dengan mendapat pengakuan "Status Terdaftar" berdasarkan Surat KEputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 159/D4/T/1987 tertanggal 03 Maret 1987. Sejalan dengan pengakuan tersebut, maka Fakultas Ekonomi terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan baik dalam hal peningkatan kemampuan Tenaga Edukatif (Pengajar/Dosen) maupun saran dan prasarana penunjang lainya seperti Gedung Perkuliahan, Ruang Laboratorium, Laboratorium Akuntansi, dan Laboratorium Manajemen. Disamping itu juga terus dilakukan kerjasama dengan Instansi Pemerintah dan Swasta di Lingkungan Kota Kedirisehingga semakin meningkat kualitas dan kuantitas kelulusan mahasiswanya.

Upaya peningkatan Status terus diupayakan, sehingga dari hasil jerih payah tersebut, pada tahun 1993 Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri mendapat pengakuan "Status Diakui" berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 0216/DIKTI/Kep/1993. Dengan berubahnya penilaian Sistem Pendidikan di Perguruan Tinggi (BAN-PT), maka sampai tahun 2003 Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi mendapat pengakuan Terakreditasi dengan nilai C melalui Surat Keputusan BAN-PT No. 009/BAN-PT/Ak-VI/S1/V/2003 tertanggal 22 mei 2003. Selanjutnya terjadi perubahan status Terakreditasi B yang diperoleh melalui Surat Keputusan BAN-PT No. 019/BAN_PT/Ak-X/S1/XII/2006 tanggal 08 Desember 2006, membawa konsekuensi bahwa Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran secara Mandiri tanpa harus mengadakan Ujian Negara yang dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah VII Surabaya dan Perguruan Tinggi Negeri Pembina.

Perkembangan selanjutnya, dalam menjawab tantangan dan keperluan akan tenaga kerja yang diperlukan untuk Pembangunan bidang Ekonomi khususnya Sub Sektor Akuntansi, maka pada tahun 1995 Fakultas Ekonomi membuka Program S1 Baru yaitu Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi, Pada Tahun 1995 Jurusan Akuntansi mendapat Pengakuan "Status Terdaftar" berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI Depdikbud No. 47/DIKTI/Kep/1995 tertanggal 23 Februari 1995. Dengan berubahnya penilaian Sistem Pendidikan di Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), maka pada tahun 2008 Jurusan Akuntansi PRogram Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi mendapat pengakuan Terakreditasi dengan Nilai C melalui Surat Keputusan BAN-PT No. 002/BAN-PT/Ak-XI/S1/IV/2008, Tanggal 26 Aptil 2008. Melihat situasi yang senantiasa berubah khususnya bidang Ekonomi yang mengarah kepada sektor ekonomi masyarakat.

Informasi LainnyaFakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri

Kontak KamiFakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri

Copyright © 2017 FE UNISKA | Template Information